Motor adalah alat transportasi yang biasa kita gunakan sehari-hari,maupun itu pergi ke warung atau bepergian jauh seperti touring,sudah semestinya kita rider memperhatikan kesehatan sang kuda besi,oleh karena itu saya ingin membagikan pengalaman mengenai cara memperbaiki motor yang terasa lenot langsung saja kita ke point utama
1.karburator sudah kotor
kaburator bisa di bilang komponen terpenting di kuda besi kita,mengapa? sudah pasti jawabannya jika tidak ada karburator maka tidak akan ada supply bahan bakar,menuju ruang bakar oleh karena itu penting sekali untuk membersihkannya minimal 1 bulan sekali,optimalnya pembersihan karburator itu di lakukan secara rutin 2 minggu sekali jika aktif berpergian untuk membuat deposit di mangkuk karbu
2.air filter kotor
kompenenn yang satu ini sering kali di abaikan rider malah kadang ada yang melepasnya,terciptanya air filter sesuai dengan namanya adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang percampuran bahan bakar dan udara,salah satu penyebab mesin lemot,balik lagi ke point satu dikarenakan debu yang masuk ke dalam lubang percampuran bahan bakar dan udara menyebabkan campuran menjadi kotor sehingga deposit tersaring di mangkuk karburator.untuk sistem injeksi ini juga sama penting karena air filler bagaikan hidung pada sepeda motor,kalau hidung tersumbat otomatis nafas jadi sedikit susah
3.selang nafas tersumbat
selang nafas ini terletak di bawah mesin untuk motor jenis supra lama.selang ini dapat di temukan tak jauh dari roda belakang sedang untuk motor yang sekarang kebanyakan selang nafas di sambung langsung ke air filler,ini juga salah satu penyebab air filler bisa menjadi kotor oleh karena itu rutin membersihkan air filler atau mengantinya dapat meningkatkan tenaga kuda dari motor yang rider tunggangi,selain tersumbat terkadang karet pada selang motor juga bisa memuai penyebabkan saluran pada selang nafas terturup rapat sehingga mesin menadi panas,penyakit yang sering terjadi akibat selang nafas sumbat ia,oli sudah di isi tapi habisnya cepat,suara mesin pincang,dan terjadi getar berlebih,ini lah terkadang penyebab motor menjadi lemot,ada baik jika sudah di temukan penyakit seperti atas sebaiknya selangnya di ganti saja
4.rantai yang terlalu kendor,aus,atau terlalu kencang
untuk motor-motor yang masih menggunakan rantai,komponen ini harus selalu di perhatikan,rantai yang kendor dapat menyebabkan,tarikan motor menjadi terlalu berat untuk bawa,perhatikan juga gigi pada sprocket terkadang gigi-gigi yang aus juga menyebabkan cepat kendornya rantai,terlalu kencang pas saat mengaturnya juga tidak baik resiko terburuk adalah gigi cepat aus,rantai cepat kendor,berisik,dan juga skenario terburuk rusaknya gear ratio di mesin meski jarang terjadi tapi resikonya tidak pernah nol
5.deposit pada ruang bakar yang sudah lama tidak di bersihkan
untuk ini alangkah baiknya jika agan yang belum bisa membongkar head sepeda motor,menyuruh orang bengkel melakukannya,deposit pada ruang bakar ini wajar terjadi,mengapa? deposit-deposit ini di hasilkan dari terbakarnya bahan bakar oleh busi,bisa di bilang ini sisa-saia bahan bakar yang tidak terbuang ke knalpot,jadi ada baiknya melakukan pembongkar 1 tahun sekali agar kondisi mesin menajdi prima
6.setting karburator terlalu kaya atau terlalu miskin
ini sering terjadi pada motor karburator,pecampuran yang terlalu kaya menyebabkan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlalu banyak sehingga menyebabkan terbentuknya deposit secara cepat sehingga busi tidak maksimal membakar bahan bakar,begitu juga dengan terlalu miskin ibaratnya kamu di air satu liter tapi disuruh berlari 20km tanpa henti,penyakit yang sering terjadi jika ratio bahan bakar miskin selain menurunkan performa motor juga bisa menyebabkan mesin menjadi cepat panas,hal ini membuat stang seher menjadi rusak di karenakan panas berlebih pada ruang bakar
7.klep bocor
bagi rider yang kurang tau soal klep bocor,klep bocor ini terjadi ketika seal klep haus atau hancur di bagian head,seal klep ini bertugas agar tidak terjadinya kebocoran kompresi dan kebocoran bahan bakar pada sepeda motor,jika komponen ini rusak maka bahan bakar yang masuk akan menjadi kaya,yang dimana ini akan berujung pada bbm yang boros,
8.rantai keteng yang kendor
rantai kenteng yang kendor dapat di picu dari beban yang bawah berlebih,contoh misalnya motor supra,rider di pakai untuk membawa beban 3 kali lipat dari berat motor makan,motor akan menyesuaikan bahan bakar agar mendapatkan putaran yang diinginkan untuk membawa beban ini,hal ini lah biasanya yang membuat rantai keteng bekerja extra agar mendapatkan putaran yang maksimal,jika sudah kendor jangan langsung tukar bisa saja coba ganti tensionernya,jadi rider tidak perlu mengeluarkan uang extra untuk membeli rantai keteng baru
kesimpulan
motor itu sudah seperti teman kita bepergian kemana-mana jadi tidak salah untuk merawatnya agar kinerjanya lebih optimal
jika ada kesalahan penulisan boleh di komen saja gan terima kasih sudah berkunjung ea
Komentar